Jumat, 03 April 2015

MAKNA SEBUAH KESALAHAN


Kesalahan memang suatu hal yang sangat fatal. Setiap orang tak ada yang luput dari sebuah kesalahan. Salah memang identik dengan tidak benar, bahkan jauh dari kebenaran. Namun tak selamanya salah itu membuat kita terpuruk. Melalui kesalahan itu merupakan proses pendewasaan kita dalam berfikir untuk menuju kebenaran yang sebenarnya.

Manusia adalah makhluk yang sering berbuat salah. Karena sejatinya tak ada manusia di  muka bumi ini yang sempurna. Sesungguhnya kesempurnaan itu hanya milik Tuhan Yang Maha Esa. Hanya saja manusia selalu berusaha untuk mencapai kesempurnaan, walaupun itu adalah suatu hal yang mustahil untuk mencapai kesempurnaan yang hakiki. Sesempurna apapun manusia tetap ada sisi kesalahan atau kelemahan dimata Tuhan. Karena tidak ada yang dapat menandingi kesempurnaan Tuhan.

Ada beberapa orang ketika melakuka kesalahan itu selalu termenung, terdiam dan bahkan air mata akan jatuh karena telah berbuat salah. Namun ada juga sebagian orang yang ketika melakukan kesalahan seperti menjadi hal yang biasa, acuh tak acuh bahkan tak mau tau. Biasanya, orang seperti ini adalah orang yang tak pernah hisa menyadari akan perbuatannya, antara salah atau benar. Ketika seseorang sadar akan apa yang ia lakukan itu salah, maka hati dan ekspresi wajah selalu menunujukkan sedih, kecewa dan menyesal. Walaupun ketika dihadapan orang lain, selalu berusaha untuk tetap tegar. Karena hati dan ekspresi merupakan dua hal yang saling berkaitan. Saat hati terasa menangis, sakit seperti tersayat-sayat pisau pun, maka wajah pun ikut bersedih dan secara spontanitas air mata menetes. Tetesan air mata itu merupakan tanda penyesalan dalam hati atas apa yang telah ia lakukan.

Astaghfirullah, inilah sebuah kesalahan. Yang dianggap tidak penting (not important) dan tidak berguna (useless) untuk dilakukan. Padahal, kesalahan adalah sifat wajar manusia yang sering dilakukan. Jangan pernah meremehkan sebuah kesalahan. Berawal dari sebuah kesalahanlah yang kemudian kita menemukan sebuah kebenaran yang sejati. Dan tidak ada kebenaran tanpa bermula dari sebuah kesalahan. 

1 komentar:

  1. Slot City by Pragmatic Play - Mapyro
    Slot City by Pragmatic Play 포천 출장샵 - 영천 출장샵 Mapyro. 수원 출장샵 Game name: Slot City. Developer: Pragmatic Play. 서울특별 출장샵 Publisher:. Genre: Slot. RTP: 구미 출장안마 96.50%. Min. Bet: €0.20. Game

    BalasHapus